BERDIRINYA MASJID SUNAN BONANG

Desa Bonang yang kita kenal sekarang ini, yang terletak dalam wilayah Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang, sebelum menjadi desa adalah merupakan sebuah hutan yang terkenal dengan sebutan Alas Kemuning. 
Maka dengan berdiriya sebuah masjid yang dibuat oleh Sunan Bonang secara tiba-tiba karena kekramatan seorang wali kekasih Allah, menjadikan masyarakat sekitar menjadi heran, sebab dipandang sebagai kejadian yang aneh, sehingga masyarakat Bonang sangat ingin datang untuk melihat adanya masjid tersebut. Rakyat Bonang saat itu tidak menamakan masjid, tetapi menyebutnya Omah Gede (Rumah Besar). 

Waktu itu Sunan Bonang termasuk orang yang dituakan, sehingga rakyat disitu sangat tunduk dan menghormati akan kepribadian Kanjeng Sunan Bonang. Kesempatan yang baik itu beliau gunakan untuk bertabligh dan mengajarkan tentang maksud agama Islam. 

Mulai saat itulah para santri-santri berdatangan, baik mereka yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur atau Jawa Barat untuk berguru dan menimba ilmu dari Sunan Bonang.

0 komentar :

Posting Komentar